BEST & WORST OF 2007

Pernah kebayang, film-film apa aja yang jadi favorit dan nggak favorit di tahun 2007 lalu? Saya punya beberapa pilihan yang pernah dimuat di Movie Monthly edisi 68 lalu.

BEST

1. Movie:300; For Sparta, for freedom, to the death!
2. Actor: Daniel Day-Lewis (There Will Be Blood); The flame within.
3. Actress: Jodie Foster (The Brave One); She is the rule!
4. Director: Jason Reitman (Juno); He’s keeping it simple, smart & witty.
5. Newcomer: Megan Fox (Transformers); Her bright future is seen through her sexy eyes.
6. Protagonist Character: Leonidas (Gerard Butler, 300); It doesn’t take a hero to order men into battle. It takes a hero to be one of those men who goes into battle.
7. Villain Character: Anton Chigurh (Javier Barden, No Country for Old Man); Merciless killing machine.
8. Screen Couple/Group: Mary Elizabeth Winstead, Rosario Dawson, Tracie Thoms & Zoë Bell (Death Proof); Revenge is a dish best served HOT.
9. Prequel/Sequel/Remake:The Bourne Ultimatum; Too clever for words.
10. Animated Feature Film:Ratatouille; Kolaborasi antara teknologi animasi dan cerita yang hebat!
Continue reading BEST & WORST OF 2007

MOST ANTICIPATED & UNWANTED MOVIES OF 2008

MOST ANTICIPATED MOVIES
1. VALKYRIE: Mungkin gak bakal blockbuster, tapi temanya itu yang far more than expected…
2. THE DAY THE EARTH STOOD STILL: Pertimbangan nostalgia. Inget versi 1951-nya yang hyper-vintage.
3. HANCOCK: Bosan dengan film-film superhero biasa. Stereotype semua… Hancock will bring a new perspective of superhero.
4. INDIANA JONES AND THE KINGDOM OF THE CRYSTAL SKULL: Klasik dan rasanya rugi kalau gak ditunggu.
5. WALL-E: Dijamin lah, Pixar selalu punya surprise yang studio animasi lain gak punya. Mulai dari ide cerita dan teknologi 3-D yang fantastis.

MOST UNWANTED MOVIES
1. SAW V: Udah banyak dikritik, tapi tetap saja terus dibuat. “All morons hate it when you call them a moron.”
2. SPEED RACER: Gak tau apa jadinya, baca premise dan lihat trailernya secara pribadi aja saya udah muak…
3. DRAGONBALL: I have never been able to understand the logic of greenlighting this project.
4. THE SISTERHOOD OF TRAVELING PANTS 2: The quest of a pair of secondhand jeans that fits each of their bodies perfectly… Seperti ini bisa jadi film? Sekuel lagi…
5. ROCK’N’ROLLA: Guy Ritchie itu overrated director. Setelah Swept Away rasanya penonton makin sadar.

CREATE THESE! GRAPHIC NOVELS part 1

Pernahkah Anda merasa bosan dengan komik yang diadaptasi ke layar lebar? Jika jawabannya ‘ya’, maka itu mungkin mewakili suara sejumlah penggemar film. Kami di Redaksi juga semakin meragukan sekuel demi sekuel yang dibuat dan diangkat dari komik. Sesuatu yang segar sangat diperlukan di sini. Hadirnya Sin City, 300, dan 30 Days of Night, meskipun yang terakhir kemudian gagal, merupakan fresh air tersendiri bagi sebuah adaptasi komik (dalam hal ini graphic novel) terbaik untuk diterjemahkan ke dalam pita seluloid.
Saya mau mereka-reka (ingat sekali lagi, ini hanya mereka-reka) judul-judul graphic novel dan komik non-pop apa yang layak diangkat ke layar lebar kelak. Ini baru sebagian kecil, karena sebenarnya masih ada puluhan lain yang setidaknya mampu membuat suasana perfilman Hollywood tidak sesuntuk sekarang dengan hanya menggarap film adaptasi komik yang populer dan itu-itu saja. As if…

Continue reading CREATE THESE! GRAPHIC NOVELS part 1

THE THREE STRUGGLERS: Salah satu dari mereka bakal hilang

Hidup ini memang berat. Semakin berat ketika seseorang berada di level karier di jagad Hollywood. Seperti kita ketahui, banyak aktor dan aktris merintis karier dari bawah. Perjalanan yang dilaluinya juga super-panjang. Cobaan terus datang menerpa, namun akhirnya beberapa judul film berhasil melambungkan nama-nama mereka. Siapa sih yang tidak kenal dengan nama Eddie Murphy, Cuba Gooding, Jr., dan Ben Affleck? Namun, bagaimana nasib ketiganya kini. Gara-gara salah memilih peran di film yang juga payah, karier bagus dengan honor luar biasa mereka terancam lenyap begitu saja. Tetapi, ketiganya memberikan pembelajaran yang berbeda-beda.

Continue reading THE THREE STRUGGLERS: Salah satu dari mereka bakal hilang

%d bloggers like this: