10 MOST SUITABLE CASTING IN MOVIES

Pernah gak sih kita susah nginget siapa nama asli pemain film A, padahal kita kenal bener nama karakter yang dibawainnya? Misalnya, banyak yang lupa siapa sih yang main jadi Freddy Krueger di waralaba Nightmare on Elm Street. Atau gini, pernah gak kita ketuker antara pemain asli dan karakter yang dimaininnya di satu film sampe-sampe kita gak tau yang asli itu yang mana. Contohnya, Norman Bates dan Anthony Perkins dari film Psycho. Kalau iya, saya punya 10 karakter paling pas yang dibawain aktor-aktris dengan sangat jempolan dalam film. Salut buat tim casting-nya.

10. HARRY CALLAHAN
Played by: Clint Eastwood
From: Dirty Harry, Magnum Force, The Enforcer, Sudden Impact, The Dead Pool
Why? Gak ada yang lebih keren daripada sosok polisi dengan jas lusuh yang lebih mentingin nembak dulu, ngomong kemudian, daripada apa yang ditampilin sama Clint Eastwood. Lagian, Eastwood susah payah keluar dari imej spaghetti western-nya di era 60-an buat ngebentuk imej baru sebagai Harry Callahan.

9. COUNT DRACULA
Played by: Béla Lugosi
From: Dracula (1931) & Bud Abbott Lou Costello Meet Frankenstein
Why? Sebelum Christopher Lee ngetop gara-gara Dracula-nya, saya bener-bener impress dengan penampilan Béla Lugosi, aktor yang udah meninggal taun 1956 lalu. Di film Dracula (1931), dia nampilin patokan sosok Count Dracula yang dingin, nakutin, dan jadi anutan karakter Dracula berikutnya. Tanpa make-up aja, aktor ini udah mirip Dracula.

8. HANNIBAL LECTER
Played by: Anthony Hopkins
From: The Silence of the Lambs & Hannibal
Why? Munculnya nama Anthony Hopkins dan Hannibal Lecter di sini memang mirip dengan masuknya Mr. Bean – Atkinson. Dua nama itu membangun karakter masing-masing. Siapa yang kenal dengan Hopkins waktu itu. Tapi saat dia muncul sebagai Hannibal dengan baju khas t-shirt putihnya, kita langsung kenal Hannibal equals Hopkins, atau sebaliknya. Sialnya gara-gara film dan karakter itu, susah untuk ngeluarin karakter lain dari Hopkins di film berikutnya.

7. LARA CROFT
Played by: Angelina Jolie
From: Lara Croft: Tomb Raider & Lara Croft: Tomb Raider: The Cradle of Life
Why? Lara Croft dalam gim Tomb Raider jadi satah satu karakter cewek fiktif paling susah diadaptasi ke layar lebar. Jolie bener-bener bisa mendekati sisi fisik yang tukang nge-gim pengenin dari si Lara Croft ini. Memang sih, banyak aktris yang bisa diplot sebagai Lara, tapi hanya Jolie yang punya nama besar dan ngejual yang pas dengan adaptasi ini. Kalau harus ada gantinya sih, Jessica Biel boleh juga…

6. MR. BEAN
Played by: Rowan Atkinson
From: Serial TV Mr. Bean, Bean the Movie & Mr. Bean’s Holiday
Why? Lahir dari tangan-tangan paling jenius di daratan Inggris, Rowan Atkinson memang bener-bener fit dengan karakter Mr. Bean. Atau sebaliknya ya, Mr. Bean itu ya tercipta karena Atkinson yang main. Mindset ini memang susah lepas, mirip teori telur dengan ayam. Sampe film terakhirnya, istilah slapstick jadi punya arti lebih kuat ketika Atkinson main sebagai Mr. Bean. Dari mimik, ketololan, tanpa dialog, dan keegoisannya gak ada yang bisa nandingin apa yang ditampilin sama Atkinson. Atau sebaliknya…

5. SHAGGY
Played by: Matthew Lillard
From: Scooby-Doo & Scooby-Doo 2: Monsters Unleashed
Why? Kalau liat lagi salah satu making-of dari DVD Scooby-Doo pertama, di situ ada gimana Matthew Lillard muncul persis banget dengan karakter Shaggy. Sampe pengisi suara Scooby-Doo yang lebih veteran juga kagum sama dia. Gak heran, Lillard memang fans berat si Shaggy ini. Gak hanya suara dan gaya ngomongnya aja yang suitable, tapi fisiknya juga passs banget!

4. GANDHI
Played by: Ben Kingsley
From: Gandhi
Why? Kata saya sih saingannya hanya Pu Yi dari The Last Emperor sebagai karakter di film paling yahud yang pas dibandingin dengan tokoh aslinya untuk sebuah kisah biografi. Foto-foto di internet sering ngecoh, ini Gandhi asli atau Gandhi versi Ben Kingsley. Gak hanya performa fisinya aja yang nyaris 100% mirip, tapi cara bicara dan yang paling jempolan adalah gesture-nya yang gak jauh beda. Kalau Oscar boleh dikasih dua biji untuk satu kategori, rasanya apa yang diusung sama Kingsley wajib ngedapetinnya.

3. JAMES BOND
Played by: Sean Connery
From: Dr. No sampe Diamonds Are Forever, kecuali On Her Majesty’s Secret Service
Why? Penonton era sekarang pasti banyak yang lebih suka dengan James Bond versi Pierce Brosnan atau malah Daniel Craig. Tapi, saya tetep keukeuh untuk setia sama yang paling punya kharisma terhebat, Sean Connery. Brosnan lebih pop dan dianggap suitable, karena dia ngegantiin Roger Moore yang gak serius dan gak seksi sama sekali. Connery memang rada ndut, tapi di luar itu banyak sisi positifnya yang jauh lebih unggul dari pengekor-pengekornya.

2. JOKER / JACK NAPIER
Played by: Jack Nicholson
From: Batman (1989)
Why? Oke, respek buat almarhum Heath Ledger untuk attempt-nya sebagai Joker di film The Dark Knight, nanti. Tapi, Joker = Jack Nicholson. Titik. Diliat dari sudut manapun, Joker sama dan sebangun dengan si Nicholson ini. Cara dia ngomong, ketawa, dan yang paling utama, mimiknya, gak jauh beda dengan Joker yang saya liat di komik-komik Batman. Sayang, gak ada yang aktor muda yang punya fisik dan cara ngomong seperti Nicholson sampe detik ini (secara The Dark Knight belum dirilis).

1. SUPERMAN / CLARK KENT
Played by: Christopher Reeve
From: Superman: The Movie sampe Superman IV: The Quest for Peace
Why? Salah satu tokoh adaptasi paling pas dan sukses yang diangkat dari komik. Sosok Batman masih bisa dicari kesana-sini, juga dengan Spiderman atau pasukan X-Men. Tapi, Reeve adalah Clark Kent dan Superman. Titik lagi! Yang buat Reeve lebih hebat adalah dia bukan tokoh pertama yang kepilih jadi sosok fiksi Superman, gak seperti dalam kasus James Bond. Kan kita tau, biasanya yang pertama lebih punya nilai plus sebagai sosok yang paling pas. George Reeves dulu dikirain paling pas, tapi Reeve ini gak pernah akan tergantikan, apalagi sama si dua anak bau kencur, Tom Welling dan Brandon Routh.

Advertisements

11 thoughts on “10 MOST SUITABLE CASTING IN MOVIES”

  1. Cukup setuju juga ngebaca 10 suitable casting. Cuma kayaknya James Bond nya Sean COnnery ama Shaggy nya gak terlalu suitable juga deh. How about Black mamba and Padme Amidala naberie?

  2. Halo… salam kenal mas. Saya sebagai pecinta film juga setuju ngebaca 10 suitable casting ini. Keren mas review-nya.
    Tapi klo saya lebih setuju Milla Jovovich as Alice di Resident Evil. kayaknya tuh peran dah cocok banget ama Milla.

  3. Kalo kata saya sih karakter yang paling pas dibawain, trio penyihir di serinya film harry potter. Waktu denger kabarnya Daniel Radcliffe, Emma Watson dan Rupert Grin hanya sampai jilid tiga aja wah nggak kebayang tuh gimana jadinya jilid harry potter berikutnya tanpa mereka…

  4. Kalau kata saya karakter yang paling pas dimainkan tentunya trio penyihir dari serinya Harry Potter. Waktu denger kalau Daniel Radcliffe, Emma Watson dan Rupert Grin hanya sampai seri ketiga aja waduh…nggak tahu deh gimana seri Harry potter selanjutnya.

  5. Hai kang!
    Saya sih paling setuju sama Hannibal Lecter-nya Anthonny Hopkins deh, kayaknya peran itu emang ditakdirkan buat..
    Boleh usul??
    Karakater Amon Goeth di film Schindler’s List juga kayaknya pas banget ma Ralph Fiennes,,sama2 bengis! walaupun diambil dari tokoh nyata tapi Ralph Fiennes kayaknya sangat menghidupi karakternya itu…
    Karakter lain yang yang saya ingat adalah Don Vito Corleone a.k.a Marlon Brando, tiap kali saya dngar kata Brando, maka yang terlintas adalah kepala mafia dalam The Godftaher

  6. Halo, mas anton salam kenal. pengin juga ikut nimbrung buat ngasih comment…. Mungkin untuk posisi dua boleh juga tuh di switch sama Heath Ledger. akting dan mimiknya dalam The Dark Knight lebih memorable and suitable off course….

  7. Sori kalo saya telat gabung disini, menyikapi nomor 2 saya kembaliin kekomentar anda yg nmr 9 : “Di film Dracula (1931), dia (Béla Lugosi) nampilin patokan sosok Count Dracula yang dingin, nakutin, dan jadi anutan karakter Dracula berikutnya. Tanpa make-up aja, aktor ini udah mirip Dracula.”
    Tanpa mengurangi rasa kagum saya pada Jack Nicholson, saya merasa Heath Ledger jg bs dikatakan sebagai pembawa gaya baru bagi peran Joker, dan bukan tidak mungkin jika ia nanti jd anutan utk peran joker berikutnya. Selain itu, gaya joker versi Heath Ledger sebenernya jg bukan hanya ide dr Christopher Nolan(sutradara Dark Knight) tp jg terilham dr versi komik joker yg baru…
    Sekedar sharing kang…
    maturnuwun, maap klo ada salah.

  8. Marlon Brando nggak dapat porsi tuh?
    Wah, dia itu bener-bener The Godfather. Inget bapak-bapak the Godfather, pasti inget dia. Inget Mafia, pasti inget the Godfather.
    Tapi imo aja sih. :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s