YOUTUBE DIBLOKIR!

Sejak tanggal 5 siang hari saya ngerasa ada yang gak beres dengan YouTube. Situs tempat dimana banyak sekali video dari yang maha penting dan gak penting gak bisa diakses. Sampe tanggal 7, situs ini masih mati juga. Sampe pagi tadi, hari ini (tanggal 10 April 2008), website itu juga belum bisa dimasukin. Banyak forum dan blog lokal bilang ini kerjaan APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) lewat Indonesia Internet Exchange (IIX) ke 146 internet service provider dan 30 network access provider di Indonesia.

Bisa jadi ini ini gara-gara protes Pemerintah Indonesia yang pengen ngapus tayangan video yang lagi populer, Fitna, gak digubris pihak YouTube. Tepatnya, terus terang saya gak tau. Tapi tetep aja, terlepas dari itu, saya asli kecewa dengan aksi pemblokiran ini.

Saya kok jadi ngebayangin nantinya kita bakal diberangus atas semua informasi mirip kaya jaman dulu atau malah lebih buruk lagi. Saya pake YouTube bukan untuk akses yang gak-gak. Banyak trailer film bisa saya liat di sana. Itu ngebantu kerjaan saya, daripada nunggu rilis trailer resmi yang biasanya dateng bareng presskit film tertentu yang hanya bakal masuk di Indonesia aja.

Di luar masalah kerjaan, saya biasanya masuk YouTube untuk liat video klip lama yang udah gak ada dimana-mana. Juga buat liat “how-to” video dengan petunjuk yang lebih jelas dari sekadar kata-kata.

Sempat baca di Detik, YouTube kabarnya mulai ngerespon apa yang dimauin negeri ini. Mudah-mudahan permasalahannya cepet selesai lah… Sangat amat konyol sekali YouTube yang memang bukan situs terlarang (gimana mau terlarang, lha wong video menjurus porno aja gak ada di sana) harus ilang gara-gara pemberangusan informasi yang lama-lama buat saya muak.

PS: Untungnya, sekarang banyak temen-temen di forum atau para blogger yang ngasih tips akses YouTube gak lewat situs biasanya. Tapi kalau harus milih, mending masuk seperti dulu aja deh…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s