SINGERS’ TOP 10 FIRST MOVIE APPEARANCES

Aji mumpung memang bukan barang baru di dunia hiburan. Makanya, banyak seleb yang berprofsi penyanyi tapi kemudian jadi bintang film pas sedang top-topnya. Atau juga sebaliknya. Ini 10 selebritis yang sebelumnya dikenal sebagai penyanyi, tapi terus (lumayan) sukses jadi bintang film. Beberapa filmnya memang gagal, tapi yang lain lumayan lah. Nama-nama seperti Madonna, Mariah Carey dan Britney Spears udah jauh-jauh deh dari 10 besar ini. Bakat mereka nol besar di akting…

10. JESSICA SIMPSON
Debut: The Dukes of Hazzard (2005)
Role: Daisy Duke, seorang waiteress di salah satu bar di kota Hazzard yang juga saudara dari Bo dan Luke Duke (Seann William Scott & Johnny Knoxville).
Comment: Seiring dengan status “bebas”-nya setelah bercerai dengan Nick Lacey, Simpson dapat berkonsentrasi penuh dalam mengembangkan karier lain di luar tarik suara. Tahap pertama dilewatinya dengan menerima peran dalam film Employee of the Month. Selanjutnya, akan muncul film-film yang siap memanfaatkan keseksian dan rambut pirangnya.

9. ICE CUBE
Debut: Boyz N the Hood (1991)
Role: Darin ‘Doughboy’ Baker, seorang pemuda asal ghetto yang berkarier sebagai penjual obat bius dan anggota gang ngetop yang rajin keluar-masuk penjara.
Comment: Ice Cube adalah salah satu rapper yang sangat rajin membintangi film setelah film pertamanya tadi. Ada beberapa yang biasa-biasa saja, namun banyak juga yang menarik. Justru di dunia tarik suara, kiprahnya cenderung adem ayem, belakangan ini. Mungkin karena pria tambun ini tengah getol merampungkan kontrak-kontrak film terbarunya.

8. DOLLY PARTON
Debut: 9 To 5 (1980)
Role: Doralee Rhodes, seorang sekretaris seksi yang telah menikah dan digoda oleh bosnya, Franklin Hart Jr. (Dabney Coleman).
Comment: Semenjak tampil kurang mengesankan dalam Straight Talk pada tahun 1992, pemilik nama Dolly Rebecca Parton ini tidak pernah lagi membintangi sebuah film layar lebar. Beberapa film dan serial TV memang sempat dijajalnya, tapi itupun hanya berupa peran-peran kecil saja. Penyanyi kelahiran 19 Januari 1946 ini lebih konsentrasi ke dunia rekaman. Persinggungannya dengan dunia film hanya sebatas keterlibatannya dalam pembuatan tembang untuk soundtrack saja, seperti yang terakhir ia lakukan untuk Transamerica, di mana lagu “Travelin’ Thru” sukses dinominasikan dalam ajang Oscar.

7. LUDACRIS
Debut: Crash (2005)
Role: Anthony, seorang pencuri kendaraan bermotor yang belakangan insyaf setelah mendepatkan pencerahan dari korbannya.
Comment: Belum banyak film yang telah dibintanginya. Nyaris bersamaan dengan Crash, Ludacris ikut tampil sebagai Skinny Black dalam Hustle & Flow, sebuah film ghetto yang digarap apik. Namun jika tidak diseriusi, peran-peran yang datang padanya mungkin akan satu tipe dengan apa yang dialami oleh Ice Cube atau Ice T.

6. WHITNEY HOUSTON
Debut: The Bodyguard (1992)
Role: Rachel ‘Rach’ Marron, seorang penyanyi tenar yang diselamatkan dan akhirnya jatuh cinta kepada pengawalnya, Frank Farmer (Kevin Costner).
Comment: Sejak 6 tahun lalu, Whitney sudah tidak aktif dalam dunia film, seiring dengan meredup kariernya di dunia rekaman. Peluang untuk hadir kembali dalam film layar lebar, rasanya sudah tipis. Apalagi mengingat mantan suami Bobby Brown ini sudah vakum cukup lama di dunia hiburan.

5. BEYONCÉ KNOWLES
Debut: Austin Powers in Goldmember (2002)
Role: Foxxy Cleopatra, seorang super-spy seksi dari era 70-an.
Comment: Kariernya di dunia seni peran, sepertinya akan berjalan mulus. Meski aktingnya masing sangat standar, namun nama besar, kesintalan dan kecantikannya, masih menggundang penonton untuk datang ke gedung bioskop. Buktinya, Beyoncé tampil atraktif dalam Dreamgirls sebagai Deeana Jones.

4. MANDY MOORE
Debut: A Walk to Remember (2002)
Role: Jamie Sullivan, seorang gadis religius anak dari seorang pemuka agama lokal yang jatuh cinta pada Landon Carter (Shane West), pemuda paling terkenal di kampusnya.
Comment: Setelah berulang-ulang hadir di layar lebar dan beberapa film yang dibintanginya tidak kunjung mencapai sukses, Moore masih rajin untuk terus belajar menjajal peran-peran yang tidak tipikal. American Dreamz adalah salah satu ujian yang sanggup ia lewati dengan cukup baik, dibandingkan beberapa film sebelumnya.

3. EMINEM
Debut: 8 Mile (2002)
Role: Jimmy Smith alias Rabbit, seorang pemuda asal Detroit yang baru saja putus dengan kekasihnya dan mencoba peruntungan baru menjadi seorang rapper.
Comment: Mumpung namanya masih sanggup menyeret para fans-nya untuk tergerak menonton kiprahnya membintangi sebuah film, Eminem sebaiknya kembali menjajal lagi. Filmografinya sangat minim. Dengan bakat aktingnya yang di atas rata-rata, tidak sulit untuk menggapai kesuksesan lain di luar menyanyi untuk mengulang prestasi box-office-nya.

2. MARKY MARK (MARK WAHLBERG)
Debut: Fear (1996)
Role: David McCall, seorang drug dealer yang memiliki latar belakang keluarga dan lingkungan kelas bawah yang jatuh cinta kepada pelajar polos yang kaya raya, Nicole Walker (Reese Witherspoon).
Comment: Akan sangat menggelikan jika Wahlberg kembali menyanyi saat ini, karena kita sudah lebih akrab dengan performanya di layar lebar ketimbang alunan suara musik rap-nya. Para produser dan studio besar di Hollywood pun mengamininya. Buktinya, banyak proyek film yang diperan-utamainya, di antaranya Invicible, The Departed, We Own the Night, Shooter, hingga yang akan datang, The Brazilian Job. Dengan honor sekali main yang besar, rasanya aktor yang tampil jempolan sebagai Dirk Diggler dalam Boogie Nights ini malas untuk mulai melantunkan tembang-tembang rap lagi.

1. WILL SMITH
Debut: Six Degrees of Separation (1993)
Role: Paul, seorang tukang tipu ulung yang mengaku sebagai sahabat anak keluarga Kittredge, sepasang suami-istri yang memiliki usaha barang-barang seni mahal.
Comment: Di antara pesaing lain, mungkin hanya Smith yang mampu menyandingkan kehebatannya beritme menyanyikan lagu rap dengan tampil bagus dalam film box-office yang dibintanginya. Malah, ia sempat dijuluki Mr. July, akibat banyak filmnya yang dirilis pada bulan Juli, sukses berat di pasaran. Jebolan serial kocak Fresh Prince of Bell Air ini menjadi satu-satunya musisi dengan bayaran tertinggi di dunia saat membintangi sebuah film. Dua proyek besar sudah dilakoni dengan hasil luar biasa, yakni The Pursuit of Happynes dan I Am Legend. Tahun ini siap muncul dalam Hancock. Tidak mungkin dimungkiri, Smith adalah jawaranya!

[Artikel yang lebih lengkap sudah dimuat di majalah Movie Monthly edisi 51]

Advertisements

2 thoughts on “SINGERS’ TOP 10 FIRST MOVIE APPEARANCES”

  1. Kok Jernnifer Hudson gak masuk. Bagus banget dia. Mungkin karena bukan aktris utama ya.
    Madonna oke juga lho di A League of Their Own.
    Dan kalau daftar ini mau diperbaharui, aksi Alicia Keys (Smookin’ Aces ) dan Norah Jones (My Blueberry Nights) patut dipertimbangkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s