10 MOVIE SCENES THAT MAKE ME CRY

Saya sebenernya orang yang rada keukeuh dan gak gampang nangis. Ya, seperti kebanyakan laki-laki di luar sana. Tapi, ada film-film yang ternyata sanggup buat air mata ini keluar dengan gak terduga. Awalnya dimulai dengan dada yang terasa nyesek dan berat. Rata-rata sih banyak dipengaruhin sama emosi kita saat nonton film tersebut. Peristiwa yang melatar-belakanginya (selain kita memang terlalu involve dengan film itu sendiri) adalah salah satu sebab kenapa air mata ini keluar secara otomatis. Ini adalah 10 adegan film yang bisa buat saya nangis.

10. THE GREEN MILE [1999]
Director: Frank Darabont
Who’s emotionally involved? Tom Hanks & Michael Clarke Duncan
Di dunia ini, orang sih sering banget ditentuin baik-buruknya oleh sebuah sistem. Waktu sistemnya gak berfungsi sempurna, orang jahat bisa dibilang baik, demikian sebaliknya. Apa yang dialamin John Coffey (Duncan) memang sedih banget. Gara-gara dia kulit hitam dan fisiknya gede, dia dituduh bunuh dua anak perempuan kulit putih. Padahal dia sendiri berusaha ngidupin dua anak itu dengan kemampuannya. Itu yang buat merinding, waktu tahu akhirnya dia harus duduk di kursi listrik. Upayanya untuk ngidupin tikus dan istri kepala sipir penjara jadi sia-sia. Dia bisa nyelametin orang lain, tapi yang pasti gak berlaku buat diri sendiri…

9. DEAD POETS SOCIETY [1989]
Director: Peter Weir
Who’s emotionally involved? Robin Williams
Sejak saya TK, saya selalu deket dengan guru. Seenggaknya pasti ada guru yang deket dengan saya, sampe sekarang pun saya masih suka punya pikiran bisa ngajar dan deket dengan guru. Nonton adegan guru yang deket dengan anak-anaknya seperti si pelopor istilah “seize the day” Williams, saya jelas kagum berat. Cara dia ngajar, metoda non-formalnya, dan gimana dia bisa ngerangkul anak-anak yang kaku, itu yang buat saya makin jealous sekaligus impress. Tapi, waktu John Keating (Williams) harus disingkirin gara-gara ada anak didiknya yang bunuh diri, itu adegan yang buat saya nangis. Sedih banget, karena saya ngerasa udah deket banget dengan tokoh itu.

8. FINDING NEMO [2003]
Director: Andrew Stanton
Who’s emotionally involved? Marlin & Coral
Terus terang, seharusnya gak ada alesan untuk nangis di adegan film ini. Tapi gimanapun, Disney selalu kuat untuk mainin perasaan penonton dengan adegan-adegan yang emosional. Di awal film, sebelum opening credit title keluar, diliatin gimana orang tua Nemo (Marlin dan Coral) bahagia dengan lingkungan dan telur-telur calon anak mereka yang siap netas. Tapi, datengnya ikan pemangsa membuat Marlin pingsan, dan Coral tewas. Hanya satu telur yang nyisa, yaitu si Nemo ini. Meninggalnya Coral ini buat saya syok. Terus terang, saya gak nyangka adegan dramatis harus nongol di awal film yang saya sangka bakal ceria ini. Mungkin saya kepengaruh dengan kelahiran anak saya waktu itu…

7. ARMAGEDDON [1998]
Director: Michael Bay
Who’s emotionally involved? Bruce Willis & Liv Tyler
Lagi-lagi sebuah perpisahan! Hubungan ayah-anak antara Harry Stamper (Willis) dan Grace (Tyler) digambarin sejak awal film gak terlalu deket. Hubungan Grace dengan A.J. Frost (Affleck) juga gak terlalu direstuin papanya. Satu sequence yang buat nangis adalah waktu di monitor muncul pesen terakhir Harry ke anaknya yang ada di bumi. Ngerti sih ini popcorn movie biasa dan standar, tapi tetep aja adegan perpisahan itu buat saya susah nahan air mata.

6. PATCH ADAMS [1998]
Director: Tom Shadyac
Who’s emotionally involved? Robin Williams & Monica Potter
Katanya film ini diangkat dari kisah nyata. Di luar emosi soal kisah nyata tadi, saya terkesan banget dengan hubungan yang dibangun antara Hunter “Patch” Adams (Williams) dan kekasihnya, Corinne Fisher (Potter). Gimana keduanya harus saling berkorban satu sama lain sampe akhirnya Potter harus direlain meninggal di ujung film. Aduh, perasaan susah banget sih apa yang dialamin si Patch ini. Waktu Patch mutusin untuk his life must go on sepeninggal Corinne, di situ saya nangis. Brengsek juga sutradara Shadyac yang biasa buat film-film komedi buat Jim Carrey bisa juga buat cerita bagus yang buat dada sesek.

5. LIFE IS BEAUTIFUL [1998]
Director: Roberto Benigni
Who’s emotionally involved? Roberto Benigni & Nicoletta Braschi
Saya nonton ini jauh sebelum saya punya anak, bahkan waktu itu saya belum nikah. Tapi, saya terkesan banget waktu gimana Guido (Benigni) berusaha mengkondisikan anaknya supaya gak takut sama apapun di luar sana dan tetep bahagia. Susah sebagai orang tua untuk mewujudkan itu, secara di luar sana dunia sedang perang besar. Yang lebih buat nyesek di dada dan akhirnya buat saya nangis adalah gimana si bapak berusaha tegar di depan anaknya, pas tahu istrinya meninggal. Cara Guido nutupin perasaan sedih di hati di depan anaknya memang luar biasa. Pantes dia diganjar Oscar.

4. LEGENDS OF THE FALL [1994]
Director: Edward Zwick
Who’s emotionally involved? Brad Pitt & Karina Lombard
Edward Zwick adalah salah satu sutradara kesukaan saya. Ciri khasnya adalah cerita yang sangat melodramatis, tata kamera yang indah banget (seperti di kartu-kartu pos), dan cerita yang kadang twist and turn. Yang terakhir ini yang buat nyesek di film Legends of the Fall, saat terjadi bentrok senjata di deket tebing antara Tristan Ludlow (Pitt) dan temen-temennya yang bisnis minuman kerasnya baru maju dengan musuh-musuh yang iri sama kesuksesannya. Tembak-tembakannya sih udah beres, tapi pas Tristan balik ke mobilnya, istrinya, Isabel Two Decker (Lombard), kena peluru nyasar. Aduh, itu yang namanya gak enak hati… Sedihnya gak ketahan!

3. FORREST GUMP [1994]
Director: Robert Zemeckis
Who’s emotionally involved? Tom Hanks & Robin Wright
Dedikasi yang ngebuat orang lugu kaya si Forrest ini buat penonton deket. Dia gak pamrih atas apapun, kecuali cinta dan kasih sayang. Saya dua kali nangis atas peristiwa yang dialamin Forrest di sini, yaitu saat baca buku dari Winston Groom dan nonton filmnya. Adegan di mana cinta sejatinya yang selalu dia puja sejak kecil, ilang, ngebenci dia, balik lagi sampe punya anak, ternyata harus meninggal gara-gara sakit, itu jelas momen yang buat saya terharu. Yang lebih nyesek adalah gimana Forrest mau ngabisin waktu sebentarnya itu dengan Jenny (Wright) sebelum meninggal, karena waktu yang sedikit itu adalah yang dia selalu cari sejak dulu. Cinta memang gak rasional…

2. BAMBI [1942]
Director: David Hand
Who’s emotionally involved? Bambi & ibunya
Sekali lagi film animasi bisa juga buat nangis. Lagi-lagi juga Disney selalu punya kualitas cerita yang hebat, gak sekadar ilustrasi animasinya yang jempolan. Ada adegan di mana Bambi sama ibunya jalan-jalan di hutan dengan riangnya. Seorang pemburu ngarahin laras senapannya ke ibu si Bambi. Dor!!! Mati dong ibunya… Gak tau kenapa, mungkin karena saya nonton waktu umur masih kecil di video Betamax saat itu, saya ikutan sedih banget. Eh, anehnya waktu saya nonton berkali-kali lagi di format VCD dan DVD belakangan ini (umur saya udah lebih tua dong), saya tetep ngerasa kesedihan yang sama di situ. Aduh, lemes deh…

1. CAST AWAY [2000]
Director: Robert Zemeckis
Who’s emotionally involved? Tom Hanks & Mr. Wilson
Zemeckis lagi, Tom Hanks lagi. Gak nyangka film yang kebanyakan didominasi sama monolognya Tom Hanks ini buat saya nangis. Tepatnya pas temen satu-satunya Chuck Noland (Hanks) di film itu, bola voli bermerk Wilson (dia kasih nama Mr. Wilson), hanyut entah kemana. Waktu Chuck dan Mr. Wilson memutuskan untuk keluar dari pulau dengan rakit buatan, Mr. Wilson jatuh ke laut dan ilang. Chuck sempet ngejar, tapi mereka berdua memang sudah ditakdikan untuk pisah. Hehehe… Gak disangka, waktu itu dada saya udah nyesek dan keluar air mata. Terlalu involve kali dengan hubungan mereka.

15 thoughts on “10 MOVIE SCENES THAT MAKE ME CRY”

  1. Ehehe, setuju banget buat Cast Away. Secara umum cukup konyol menangisi bola Volley yang ilang. Tapi kita bisa ikut ngerasain sedihnya.

    Pilihan saya no. 1 Schindler’s List. Udah nonton 10 kali tapi tetep nangis di bagian ending.

    Thanks buat sharing link-nya di M2, mas. Your magazine is truly the best in Indo!

  2. he… sama mas, saya juga sering kebawa emosi pas nonton film… saya mau sharing sedikit gpp kan? saya paling tersentuh pas lihat ending THE SHAWSHANK REDEMPTION sama BIG FISH… meskipun dua adegan itu saya sebenarnya nangis bahagia hehehe… have a look at my blog as well : maheergrant.blogspot.com… cheers!

  3. Setuju banget dengan Patch Adams, Armageddon dan Forrest Gump (corny banget, tapi udah liat lebih dari 4 kali lebih, yang di bioskop 3 kali hehehe…).
    Adegan akhir di The Lives of Others juga menyentuh sekali.
    Paling tergetar kalau liat film – film olah raga.

  4. halo mas Anton. Pertama saya ucapkan selamat atas dirilisnya blognya. Saya mengetahui alamat ini dari majalah kesayangan saya, M2.

    Gimana dengan film
    1. The Aweaking yang dibintangi oleh Robin Williams dan Robert de Niro. Pas adegan karakter Robert de Niro sadar dari “mati suri”. Sungguh menyentuh.
    2. The Passion of The Christ. Tak bisa diungkapkan dengan kata-kata….

  5. Maaf sedikit di luar topik, tapi saya baca di M2 ed.70, bahwa personel di redaksi M2 memiliki alamat Friendster dan blog sendiri. Nah, mau tanya nih mas alamat Friendster dan Blog personel-personel M2???

  6. wah, kalo saya sekali-kalinya nangis pas nonton film (dan cuma satu-satunya) adalah ketika ending-nya the english patient!!! sedih banget pas katherine ngebacain surat yang ditulisnya sebelum meninggal di gua sendirian yang gelap kepada kekasihnya!!! visit my site: venusspice.multiply.com. thanx a lott!!!

  7. menurut gw ada yg kurang tuh, pendapat mas anton adegan gadis cilik (elizabeth) di tembak dalam film crash gimana..ya klo mnurut gw si..meski gw cowok sempet berbinar-binar jg (klo g mau dbilang nangis)..nah klo finding nemo gw pualing setoejoe!!!…..

  8. halo mas… wah saya sih listnya masih banyak lagi mas, I am Samnya sean penn bikin mengharu biru, PS I love You juga nangis, kasus animasi juga terjadi waktu nonton meet the robinsons bikin nangisnya ternyata si tokoh utamanya yang saya lupa namanya, terakhir bisa kumpul bareng dan merasakan kehangatan sebuah keluarga, nyesek deh…. ditto dengan mas anton untuk film life is beautiful n green mile. Tissue anyone?

  9. How about the ending of Lord of The Ring, when Frodo says good bye to Sam? Remembering the hellish experiences they’ve been through ………..

  10. Mas Anton,
    salam kenal ,Saya penulis dan penggemar M2

    The Deer Hunter…

    setelah jarang banget dan lama gak nangis…nangis abis..

  11. wah, saya setuju tuh sama the Green Mile, Forest Gump apalagi Cast Away secara Tom Hanks my favorite actor he…he…saya juga setuju sama mia soal I am Sam-nya, the Passion of the Christ juga atau kalau boleh walaupun nggak nyambung karena bukan film drama seri korea Endless Love boleh juga tuh kayaknya

  12. Wah … aktor favorit saya masuk ampe 3 kali nih … Tom Hanks …
    Tapi emang film2 yang disebutin emang bagus-bagus dan bikin yang nonton terharu.
    Khusus untuk Forrest Gump, Cast Away, La Vita e Bella, DPS dengan Carpe Diemnya, itu film yang saya tonton berulang-ulang … juga Shawsank Redemption …
    Tja, ik begin te huilen nu want ik kijk weer DPS …
    O captain my captain …

  13. film yang bikin saya nangis ngga tertahankan itu adalah finding neverland. waktu karakternya johnny depp nyeritain hubungan dia ama ibunya waktu kakaknya meninggal. hmm, saya nangis parah.

    mau nyeritain temen saya yang agak ‘aneh’ soal selera nangis-nya nih. jadi ceritanya dia lagi pengen nonton film sedih, jadi saya sodori dvd yg menurut saya cukup menyedihkan, armageddon, life is beautiful, sampe the notebook. tapi dia SAMA SEKALI ngga nangis. yang bikin saya tercengang, waktu kita nonton film 28 weeks later di bioskop, saat saya teriak-teriak ketakutan, dia malah NANGIS. hmm, selera orang bener-bener bisa beda yaa.

Leave a Reply

