TOP 20 SCIENCE FICTION MOVIES

Sci-fi dan futuristik memang selalu punya cerita mengawang-awang. Gak semua keren dan “masuk logika”, tapi saya punya 20 film sci-fi terbaik sepanjang zaman. Seenggaknya sampai awal tahun 2008 ini. Sorry, Jurassic Park dan The Truman Show! Saya anggap kategorinya gak murni sci-fi dibandingin dengan yang ada di daftar ini.

20. SIGNS [2002]
Sutradara: M. Night Shyamalan
Pemain: Mel Gibson, Joaquin Phoenix, Rory Culkin
Setelah The Sixth Sense, M. Night Shyamalan menggarap film yang jauh banget kualitasnya, Unbreakable. Film itu saya harapkan bakal nendang seperti The Sixth Sense, tapi kok ternyata predictable, meskipun endingnya lumayan ngagetin. Signs jelas jadi harapan saya berikutnya. Ternyata film ini gak jelas mau dibawa ke arah mana, horor atau sci-fi. Itu yang menarik bagi saya. Sampe setengah film saya terus mengira-ngira film ini mau dibawa kemana. Setelah muncul alien sekelebat di televisi (dan itu buat saya kaget), film ini memang jadi jelas. Ending-nya agak gampangan, tapi sekali lagi itu memang uniknya mahluk bumi dengan segala keterbatasannya.

19. I, ROBOT (2004)
Sutradara: Alex Proyas
Pemain: Will Smith, Bridget Moynahan, Bruce Greenwood
Diadaptasi dari cerita pendeknya Issac Asimov, I, Robot memang jadi film biasa-biasa aja kalau bukan Will Smith yang main. Ceritanya gak banyak beda dengan film-film sci-fi berbalut action lain, tapi dengan adanya Smith plus efek serba-wah, film ini jadi spesial. Gak tau kenapa, gak ada yang istimewa dari naskahnya, tapi tetep aja saya suka banget nonton film ini. Padahal saya bukan penggemar film-film Proyas yang cenderung gloomy dan pesimis.

18. 2001: A SPACE ODYSSEY [1968]
Sutradara: Stanley Kubrick
Pemain: Keir Dullea, William Sylvester, Gary Lockwood
Gak banyak film-film Stanley Kubrick yang bisa dinikmatin. Mungkin film-film dia itu bagus, tapi enjoyable? Belum tentu. Ini salah satunya yang puitis, tapi tetep nikmat ditonton. Mungkin karena pas nontonnya suasana hati saya lagi ‘klik’. Yang pasti, musik, angle kamera, dan potongan adegan yang ada di 2001, bisa bener-bener buat saya merinding waktu nontonnya dulu.

17. ARMAGEDDON [1998]
Sutradara: Michael Bay
Pemain: Bruce Willis, Billy Bob Thornton, Ben Affleck
Muncul bareng Deep Impact, film ini ngejual sisi action yang lebih jempolan dibandingin dengan film itu. Ceritanya agak corny, tapi memang Armageddon dibuat dengan ngandalin efek visual, ke-hero-an, action, dan poin-poin lain seperti layaknya film-film Bay. Opening-nya aja keren banget. Seenggaknya buat penonton pasti terkagum-kagum, ya… jaw-dropping sequence lah! Ending-nya predictable sih, tapi tetep aja film ini jadi semacam guily pleasure yang susah untuk dilewatin. Apalagi musiknya juga keren-keren…

16. THE THING [1982]
Sutradara: John Carpenter
Pemain: Kurt Russell, A. Wilford Brimley, Keith David
Kombinasi hebat dari horor yang serem dan elemen-elemen sci-fi yang buat saya gregetan di zamannya. Nontonnya di video sih, bareng sama E.T.: Extra-Terrestrial. Lebih dewasa, buat takut, dan masih asyik kalau ditonton sekarang pun. Bener lho, film ini memang jadul, tapi gak banyak film masa kini yang berhasil menjual pure story sebagai satu-satunya nilai jual, bukan lagi sekadar efek khusus dari biaya yang mahal. Film dulu memang lebih top…

15. MEN IN BLACK [1997]
Sutradara: Barry Sonnenfeld
Pemain: Will Smith, Tommy Lee Jones, Linda Fiorentino
Pertama kali tahu kalau Tommy Lee Jones dan Will Smith di-cast untuk main film Men in Black, saya kebayang film action sci-fi serius yang nyimpen twisted ending dalam ceritanya. Ya, seenggaknya mirip salah satu episode di serial The X-Files. Tapi, ternyata film ini dibuat ke alam komedi. Awalnya sih kecewa, tapi ternyata setelah nonton filmnya, film ini jauh lebih mengesankan dibandingin dengan harapan awal saya. Desain make-up mahluk-mahluknya dari Rick Baker yang kondang itu bener-bener huebattt… Pantes aja dia dapet Oscar lewat MIB ini.

14. THE INVASION OF THE BODY SNATCHERS [1978]
Sutradara: Philip Kaufman
Pemain: Donald Sutherland, Brooke Adams, Leonard Nimoy
Salah satu film sci-fi yang paling sering di-remake. Versi 1956-nya pernah nonton, tapi kok gak seberkesan versi 1978 ini. Versi ini lebih banyak adegan twist dan turn-nya, dan rasanya itu yang paling seru dari The Invasion of the Body Snatchers. Tahun lalu dibuat remake-nya lagi, yang main Nicole Kidman dan Daniel Craig. Alur tegangnya masih ada, tapi twisted sequence-nya ilang. Biarpun kuno, tapi poin itu tadi yang belum tersaingi. Mungkin karena film ini digarap sama Philip Kaufman, jagonya twist & turn, dan bagi saya ini salah satu film di mana saya bisa nikmatin jalan ceritanya. Sayangnya, ending-nya gak sehebat belak-belok kejutannya di tengah film.

13. PREDATOR [1987]
Sutradara: John McTiernan
Pemain: Arnold Schwarzenegger, Carl Weathers, Elpidia Carrillo
Wah… Ini film action sci-fi paling keren dari Arnie selain Terminator 2. Awalnya, saya terus-terang gak terkesan. Soalnya, gaya McTiernan sepertinya mau ngebuat Predator mirip film-film Schwarzenegger lain yang muscle banget, seperti Commando atau Red Heat, misalnya. Ternyata, sekarang Arnold ketemu batunya. Lawannya bener-bener tangguh. Si predator itu udah susah diliat (nyaris invisible), kuat pula. Logikanya banyak main di sini, gak seperti di banyak film Arnie sebelumnya. Tegang abis sampe akhir film. Gak heran film ini dijadiin sekuel, meskipun kualitasnya jauh, dan dibuat Aliens vs. Predator setelahnya.

12. THE ABYSS [1989]
Sutradara: James Cameron
Pemain: Ed Harris, Mary Elizabeth Mastrantonio, Michael Biehn
Lagi-lagi James Cameron. Di air, dia selalu buat sesuatu yang spektakuler. Efek khususnya seinget saya menang di Oscar. Adegan awalnya memang terlalu lambat dan kurang meyakinkan. Mirip sebuah film drama. Tapi, setelah itu sisi futuristiknya dahsyat banget. Malah kalau di 1/3 akhir film kita inget lagi awal film The Abyss yang mellow tadi, ternyata semua itu memang kunci dari ending film ini yang jempolan. Score dari dari Alan Silvestri juga gak kalah mantap.

11. BACK TO THE FUTURE [1985]
Sutradara: Robert Zemeckis
Pemain: Michael J. Fox, Christopher Lloyd, Crispin Glover
Gak banyak film teen comedy sci-fi yang pernah ada dan dibuat. Ini salah satunya dan sekali lagi nunjukin kalau warisan era 70 dan 80-an itu pol banget. Seangkatan dengan Indiana Jones and the Raiders of the Lost Ark, film ini juga punya gaya komedi yang sama. Bedanya, Back to the Future punya bumbu sci-fi yang dominan. Sisi dongengnya juga kental banget. Jangan lupa theme song “The Power of Love” dari Huey Lewis juga ikutan membuat suasana lebih fifties. Ini awal mula saya suka banget dengan karya-karya si Zemeckis ini. Selalu menghibur dan gak lupa trademark-nya, iklan produk nyelonong ke dalam film, tapi gak terus jadi jualan.

10. WAR OF THE WORLDS [2005]
Sutradara: Steven Spielberg
Pemain: Tom Cruise
Kerjasama kedua Tom Cruise dan Steven Spielberg. Siapa sih yang gak berkeyakinan kalau kolaborasi kedua dari keduanya ini gak bakal heboh? Kebetulan udah pernah nonton film versi 1953-nya yang orisinil banget, film versi 2005 ini sangat patuh dengan film aslinya. Spielberg sukses membuat ritme yang sama dengan gaya 50-an, meskipun kali ini ditunjang semua aspek modern di filmnya. Oke sih, banyak yang bilang punya ending yang “bangsat” banget. Tapi, itu memang seperti versi aslinya. Sekaligus juga menjelaskan bahwa bumi dan isinya ini unik dan spesial. Gak sembarang mahluk asing bisa kongkow dan nyerbu bumi tanpa persiapan apa-apa. Inget dong gimana di Independence Day mereka juga keok dengan segala keterbatasannya?

9. CLOSE ENCOUNTERS OF THE THIRD KIND [1977]
Sutradara: Steven Spielberg
Pemain: Richard Dreyfuss, François Truffaut, Teri Garr
Selain Star Wars, tahun 1977 muncul juga film sci-fi jempolan yang karakternya lebih drama, yaitu Close Encounters of the Third Kind. Film ini juga jadi langkah gede kedua Spielberg setelah 2 tahun sebelumnya dia ngelahirin film paling tegang di laut sepanjang masa, Jaws. Film ini juga jadi cikal bakal kesuksesan sci-fi garapan paling topnya setelah itu, E.T. Efek khususnya cakep, tapi lebih keren lagi score dari John Williams, temen sehati Spielberg sejak itu. Jangan lupa nada keyboard untuk manggil alien itu sempet jadi ringtone SMS saya beberapa tahun lalu. Norak sih, tapi suka tuch…

8. DEEP IMPACT (1998)
Sutradara: Mimi Leder
Pemain: Robert Duvall, Téa Leoni, Elijah Wood
Konyol juga pas tahu kalau film ini (dengan tema yang sama) muncul barengan dengan Armageddon. Efeknya gak sehebat Armageddon, tapi ceritanya jelas lebih kuat. Masih cerita soal bencana, tapi Deep Impact bisa nyorot tragedi itu dari beberapa karakter dan berbagai sudut pandang. Sisi emosinya, especially untuk hubungan ayah-anak yang salah satunya diperanin sama Leoni, kerasa bener-bener “kena”.

7. ALIENS [1986]
Sutradara: James Cameron
Pemain: Sigourney Weaver, Michael Biehn, Lance Henriksen
James Cameron memang punya sesuatu yang lain yang versi Ridley Scott gak punya. Alien pertama (1979) memang gak jelek, bagus malah, tapi kombinasi horor dan sci-fi-nya terasa banget di film sekuelnya. Kalau Alien kesatu adalah pengenalan sosok Lt. Ripley dan awak kapal Nostromo-nya, maka yang kedua ini lebih kuat menceritakan teror di atas sana di mana otak harus berpikir puluhan kali lebih keras buat lolos dari maut. Wujud alien-nya lebih nyata. Gak heran special effect-nya dapet Oscar. Tegang banget euy…

6. THE MATRIX [1999]
Sutradara: Andy & Larry Wachowski
Pemain: Keanu Reeves, Laurence Fishburne, Carrie-Anne Moss
Salah satu film futuristik fantasi paling gak boleh dilewatin. Semua penonton yang melek film akhir dekade 90-an rasanya gak sah jadi penonton kalau belum ngejajal The Matrix. Film ini sukses ngegabungin fantasi berefek hebat ala Barat dengan martial art ala Timur yang dipropagandain sama Yuen Wo Ping. Gak heran film ini menang di banyak kategori teknis Oscar. Yang juga hebat adalah reborn-nya Keanu Reeves setelah Speed. The Matrix juga jadi semacam patokan film-film action dan sci-fi setelahnya. Malah adegan bullet-time jadi influence banyak film sampe ke iklan.

5. STAR WARS: EPISODE V – THE EMPIRE STRIKES BACK [1980]
Sutradara: Irvin Kershner
Pemain: Mark Hamill, Harrison Ford, Carrie Fisher
Dari enam seri Star Wars, ini yang paling bagus. Bukan hanya dari soal cerita, tapi efek dan pace ketegangannya juga si The Empire Strikes Back punya segalanya. Saingannya memang hanya Episode IV: A New Hope yang muncul bebarengan waktu saya melek film action (dulu gak kenal apa itu sci-fi). Cuma Episode V ini bener-bener buat terkesan, karena berisi tema revenge, dan itu kerasa banget. Apalagi dibandingin sama 3 prekuelnya yang punya kualitas cerita jauh… (inget Jar Jar Bings, semua jadi tambah ancur!!!).

4. TERMINATOR 2: JUDGEMENT DAY [1992]
Sutradara: James Cameron
Pemain: Arnold Schwarzenegger, Linda Hamilton, Edward Furlong
James Cameron lagi! Dia memang rajanya film-film semodel gini di era 80-90-an. Terminator 2 adalah action futuristik yang tegang mulai dari detik pertama film sampe tamat. Film ini juga jadi salah satu sekuel paling sukses dan paling bagus ketimbang film orisinilnya. Arnie muncul jadi sosok yang jauh lebih hebat daripada kolega seangkatannya, Sylvester Stallone. Di tahun ini, Stallone masih sibuk ngembaliin kepercayaan dirinya gara-gara terus-terusan gagal lewat Lock Up, Rocky V sampe akhirnya tampil lumayan lewat Cliffhanger. Efek khusus T2 hebat banget. Efek liquid metal-nya jadi trademark di mana-mana, meskipun itu gak terlalu orisinil (dipake Cameron di film The Abyss).

3. THE DAY THE EARTH STOOD STILL [1951]
Sutradara: Robert Wise
Pemain: Michael Rennie, Patricia Neal, Hugh Marlowe
Memorinya nempel banget… Saya nonton ini di video sekitar akhir 80-an. Sebelumnya saya terkesan sekali dengan serial TV Land of the Giant yang diputer TVRI. The Day the Earth Stood Still jadi seperti pengesahan atas kumpulan fantasi dunia lain saya waktu itu. Sosok robot yang bener-bener robot, serangan ke bumi yang dibuat low-budget, tapi justru buat penonton penasaran, ada apa setelah ini? Score yang moody dari Bernard Herrmann juga jadi poin asyik yang lain. Btw, lebih curious sekaligus gak sabar sekali waktu tahu film ini bakal dibuat remake-nya akhir tahun 2008. Semoga gak ngecewain.

2. INDEPENDENCE DAY [1996]
Sutradara: Roland Emmerich
Pemain: Will Smith, Bill Pullman, Jeff Goldblum
Cikal bakal film modern disaster yang digarap dengan kombinasi resep sci-fi yang dahsyat. Dulunya, siapa sih yang kenal sama Emmerich? Stargate memang top, tapi dibandingin dengan ID4, film itu sih jauh segalanya secara efek visual. Trailernya waktu itu buat saya terkaget-kaget, nonton di CNN. Yang bener ada film yang efeknya badai banget seperti ID4. Pas nonton, minta ampun asyiknya. Smith langsung dikenal jadi Mr. July setelah ini, karena banyak filmnya yang diputer di Amerika sono bulan Juli selalu sukses jadi blockbuster. DVD Region 1 Five-Star Collection-nya juga jadi “anak kesayangan” saya nih yang gak boleh dipinjem-pinjem siapapun.

1. E.T.: EXTRA-TERRESTRIAL [1982]
Sutradara: Steven Spielberg
Pemain: Henry Thomas, Dee Wallace, Drew Barrymore
Gak banyak film sci-fi yang nunjukin kalau di luar sana sebenernya ada kemungkinan alien itu gak ganas. Setelah Close Encounters of the Third Kind, Steven Spielberg “naik pangkat” untuk ngebuat film sci-fi drama yang lebih melodramatis, emosional, dan buat orang nangis. Efeknya memang gak terlalu banyak, paling-paling adegan terakhir aja, tapi film E.T. ini punya banyak momen yang waktu saya nonton dulu, sangat terkesan banget. Anehnya kesan itu masih saya bawa sampe sekarang. Gak hanya itu, banyak momen dan scene yang ngetop banget di film ini, selain memorable quotes yang asli jempolan. Sepeda terbang di depan bulan itu salah satu andalan yang gak bisa dilupain, kan?

Advertisements

6 thoughts on “TOP 20 SCIENCE FICTION MOVIES”

  1. hmm..
    mas anton seneng film2 yg classic ya..ngomong2 transformers kok ngga masuk?, atau blade runner?..

  2. Halo, mas Anton, Saya pembaca M2, akhirnya bisa kontak langsung dgn redaksi secara personal. Hehehe. Surat saya yg dimuat pas edisi Jumper itu.

    Dilihat dari listnya, (btw,kok banyak film barunya ya?), film2 favorit Saya spt Metropolis, Star Wars Eps IV, Alien, Blade Runner, The Terminator dan A Clockwork Orange kok gak masuk ya?

    Menurut Saya film2 itu pantas menggantikan posisi beberapa film di list terutama Deep Impact, Predator dan (maaf) Armageddon yg betul2 cheesy itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s