TOP 10 HEIST MOVIES

Maling, pencuri, rampok atau apapun namanya, sering banget dibuat jadi film. Menjelang rilis film yang katanya menjanjikan yang judulnya The Bank Job, saya punya 10 favorit film maling paling seru sepanjang sejarah saya nonton film. Saya pernah menulisnya di Movie Monthly edisi 22 dalam versi yang lain.

10. THE GREAT TRAIN ROBBERY (1979)
Sutradara: Michael Crichton
Pemain: Sean Connery, Donald Sutherland, Lesley-Anne Down
Kalau sekarang nonton lagi, kerasa banget bujet murahnya. Tapi mau gimana lagi, ini film perampokan pertama yang saya tonton dan paling berkesan. Sebenernya ada tiga film lama lainnya yang juga saya sempet nonton, seperti Rififi, The Killing, dan Bonnie and Clyde, tapi tetep aja perampokan di kereta api yang sedang ngebut demi ₤25.000 emas batangan, gak ada yang ngalahin. Gaya sinematografinya lumayan a lot, tapi ending-nya rada kecut…

9. POINT BREAK (1991)
Sutradara: Kathryn Bigelow
Pemain: Patrick Swayze, Keanu Reeves, Gary Busey
Salah stau film perampokan pas lagi doyan-doyannya seminggu sampe tiga kali ke bioskop. Ini kan masa-masa bioskop 21 baru aja buka. Point Break adalah salah satu heist movie yang seru, karena menggabungkan unsur extreme adventure, action seru, dan persahabatan. Harus diinget, ini film Keanu Reeves sebelum dia sukses lewat Speed. Justru Patrick Swayze-nya yang baru ngetop lewat Dirty Dancing, 4 tahun sebelumnya. Hubungan Reeves dan Swayze mirip koneksi antara Paul Walker dan Vin Diesel lewat The Fast and the Furious. Yang keren juga adalah topeng-topeng presiden waktu ngerampok banknya dong! Gak lupa acara surfing dan skydiving-nya…

8. THE ITALIAN JOB (2003)
Sutradara: F. Gary Gray
Pemain: Mark Wahlberg, Charlize Theron, Edward Norton
Remake dari film lawas. Meskipun kualitasnya lebih nge-drop, tapi saya sih ekspektasinya memang sebuah film perampokan yang gak banyak njelimet di masalah cerita waktu nonton film ini. Emas batangan senilai $35 juta jadi barang yang diributin Donald Sutherland dan timnya. Yang asyik adalah Edward Norton jadi pengkhianat lagi. Revenge yang dikerjain Mark Wahlberg dan Charlize Theron ngingetin kita sama film Ocean’s Thirteen. Kebut-kebutan di jalan-jalan sempit pake mini-cooper jadi keasyikan tersendiri di sini. Yang lain adalah adegan ngerampok sekaligus sama mobil-mobilnya di tengah jalan yang sedang macet. Gak mungkin banget ya?

7. THE USUAL SUSPECT (1995)
Sutradara: Bryan Singer
Pemain: Gabriel Byrne, Stephen Baldwin, Kevin Spacey
Yang ini gak masuk di pilihan saya 4 tahun lalu, karena sebenernya bukan soal heist-nya yang diangkat, tapi style tipu-tipunya dengan twisted ending asoynya yang dijual. Tapi, saya mikir lagi nih. Sayang juga buat ngelepas film ini demi The Thomas Crown Affair-nya Pierce Brosnan, misalnya. Jadi, masukin aja. Opening-nya sih yang buat awalnya saya gak yakin, karena 5 orang tertuduh ini sama-sama yakin gak bersalah. Ternyata jalan ke arah orang paling licik justru muncul di sana. Saya lupa angka hasil jarahannya (DVD-nya sih ada, tapi belum sempet lagi saya tonton), tapi yang pasti performa Kevin Spacey memang jempolan banget di sini. Ending-nya juga pasti buat kita langsung teriak, “Anjrittt…”

6. HEAT (1995)
Sutradara: Michael Mann
Pemain: Al Pacino, Robert De Niro, Val Kilmer
Kolaborasi yang jarang ditemuin lagi, Robert De Niro sama Al Pacino. Seperti biasa, gak pernah ada yang sempurna di kehidupan sehari-hari tokohnya di film-film Michael Mann. Dua karakter ini juga digambarin seperti itu. Adegan perampokannya bisa klimaks banget. Demi one last big score, keduanya abis-abisan di akhir film. Ya maklum aja, beberapa kali gagal terus meskipun udah diperhitungkan matang. Adegan kabur pake mobil ambulan dan nabrak mobil uang pake truk tronton, jadi adegan paling berkesan buat saya di sini.

5. DIE HARD WITH A VENGEANCE (1995)
Sutradara: John McTiernan
Pemain: Bruce Willis, Samuel L. Jackson, Jeremy Irons
Seri Die Hard sih gak pernah gak ada yang gak rame (banyak banget “gak”-nya…). Meskipun Die Hard kedua dan ketiga kata banyak orang kualitasnya jauh dari yang pertama, tapi saya sih enjoy aja nontonnya. Die Hard With a Vengeance adalah Die Hard ketiga yang dikiranya bakal mirip aksi teroris biasa, seandainya kita gak baca sinopsisnya lebih dulu. Ternyata film ini berubah jadi aksi akal-akalan yang buntut-buntutnya maling juga. Gak tanggung-tanggung bertruk-truk emas batangan mau dibawa Jeremy Irons cs. ke Nova Scotia di Kanada. Siapa lagi yang ngegagalin kalau bukan John McClane aka Bruce Willis, bareng karakter lucu bernama Zeus yang dimainin sama Samuel L. Jackson. Cara ngalihin perhatian polisi dengan ngosongin area sekitar Federal Reserve Bank juga ciamik… Gak lupa ada game seru buat John dan Zeus yang isinya tebak-tebakan terus.

4. INSIDE MAN (2006)
Sutradara: Spike Lee
Pemain: Denzel Washington, Clive Owen, Jodie Foster
Gak banyak lho film Spike Lee yang nge-pop dan enak ditonton berulang-ulang. Inside Man adalah salah satunya. Gak hanya itu, film ini juga dibintangi trio aktor-aktris yang saya respekin sejak lama, termasuk Foster yang jadi the most favorite actress saya sejak dulu. Banyak detail bagus yang ditunjukin di sini. Film ini gabungan dari The Negotiator dengan film-film perampokan bank top lain. Yang paling saya suka adalah gimana di tengah film diselipin adegan wawancara dengan sandera yang dibebasin. Interogasi Washington dan partnernya, Chiwetel Ejifor yang “cunihin” itu bener-bener buat takjub. Inget dong dimana si Ejifor ini lirik-lirik dada salah satu sandera yang bagian atasnya sentosa? Ending-nya juga lumayan buat surprise.

3. A FISH CALLED WANDA (1988)
Sutradara: Charles Crichton
Pemain: John Cleese, Jamie Lee Curtis, Kevin Kline
Saya baru inget, ada satu film tentang bank robbery dan getaway strategy paling afdol yang layak masuk di 10 besar. Judulnya, A Fish Called Wanda, di mana saya nontonnya di Palaguna Theatre yang sekarang udah almarhum. Nonton bareng temen-temen SMP, film ini memang lucu, pinter, British banget, dan ehm… seksi. Gak tau kenapa, nonton film ini kok ada unsur seksi yang dibawa sama Jamie Lee Curtis. Skenario perampokannya jempolan, cara kaburnya juga kocak dan buat gregetan. Kombinasi hebat dari sebuah film heist dengan banyolan Inggris yang khas banget. Ada orang digeleng stum di atas semen basah, itu adegan yang paling saya inget banget. Sayang, belum sempet punya DVD-nya.

2. RESERVOIR DOGS (1992)
Sutradara: Quentin Tarantino
Pemain: Harvey Keitel, Tim Roth, Michael Madsen
Yang ini juga gak saya masukin di list tahun 2004. Baru tahun 2006 saya pesen di Amazon, DVD Region 1-nya sebagai pelengkap koleksi Quentin Tarantino saya. Jackie Brown aja udah ada 2 tahun sebelumnya. Dulu pernah saya tonton pas kuliah, tapi gak terlalu “ngeh” banget dengan apa dan siapa yang licik ngadalin temen-temen perampoknya. Ternyata pas ditonton lagi, ini wajib masuk! Cara Tarantino ngasih point of view ke nama-nama Mister yang ada di film ini tentang kejadian perampokannya juga brilian. Malah saking ngebetnya, saya masih suka maenin game PS2-nya, meskipun suka diprotes istri, karena anak jadi ikut-ikutan brutal pas ngeliat game ini. Hehehe…

1. OCEAN’S ELEVEN (2001)
Sutradara: Steven Soderbergh
Pemain: George Clooney, Brad Pitt, Matt Damon
Mother of all heist movies. Dibandingin dengan yang lamanya sekalipun (versi aslinya), film ini lebih lengkap. Adegan demi adegan yang dirancang Steven Soderbergh bener-bener detail. Gak ada satu scene yang kebuang percuma, pasti ada satu detail yang ditinggalin dan mungkin baru kita inget pas nonton adegan berikutnya. Gak itu aja, pemainnya juga heavyweight semua, kelas A. Aneh juga, pada mau main bareng, yang lucunya gak hanya sekali ini, tapi sampe seri ketiga. Kesebelas malingnya semua punya job-desc yang jelas. Gaya narasi bergambarnya juga jadi trademark film ini. Oh iya, musiknya juga yahud lah… Retro banget!

HONORABLE MENTION:
-Rififi (1955)
-The Killing (1956)
-Bonnie and Clyde (1967)
-Rough Cut (1980)
-Sneakers (1992)
-Money Train (1995)
-Ronin (1998)
-Entrapment (1999)
-Lock, Stock and Two Smoking Barrels (1999)
-The Thomas Crown Affair (1999)
Gone in 60 Seconds (2000)
The Score (2001)
Swordfish (2001)
National Treasure (2004)
The Perfect Score (2004)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s