CREATE THESE! GRAPHIC NOVELS part 1

Pernahkah Anda merasa bosan dengan komik yang diadaptasi ke layar lebar? Jika jawabannya ‘ya’, maka itu mungkin mewakili suara sejumlah penggemar film. Kami di Redaksi juga semakin meragukan sekuel demi sekuel yang dibuat dan diangkat dari komik. Sesuatu yang segar sangat diperlukan di sini. Hadirnya Sin City, 300, dan 30 Days of Night, meskipun yang terakhir kemudian gagal, merupakan fresh air tersendiri bagi sebuah adaptasi komik (dalam hal ini graphic novel) terbaik untuk diterjemahkan ke dalam pita seluloid.
Saya mau mereka-reka (ingat sekali lagi, ini hanya mereka-reka) judul-judul graphic novel dan komik non-pop apa yang layak diangkat ke layar lebar kelak. Ini baru sebagian kecil, karena sebenarnya masih ada puluhan lain yang setidaknya mampu membuat suasana perfilman Hollywood tidak sesuntuk sekarang dengan hanya menggarap film adaptasi komik yang populer dan itu-itu saja. As if…

100 BULLETS
Creators: Brian Azzarello & Eduardo Risso
Published by: Vertigo Comics
Genre: Action Noir
Outline: Banyak yang mengenalnya sebagai gim buatan Acclaim/Warner. 100 Bullets sudah mengantungi beberapa penghargaan dari Eisner dan Harvey sejak tahun 2002. Bergaya noir seperti layaknya Sin City, kisahnya bermuara pada sosok misterius Agen Graves yang mendatangi korban-korban salah sasaran dan memberi mereka jalan untuk balas dendam. Caranya, memberi sebuah senjata, 100 buah peluru, serta bukti-bukti dan nama-nama siapa saja yang terlibat dalam kesalahpahaman tersebut.
Similarity in Film: Sin City + Kill Bill + V for Vendetta + film-film balas dendam Charles Bronson
As If Director: Quentin Tarantino (Pulp Fiction)
As If Cast: Bruce Willis (Agen Graves)
Prediction: Berpotensi menjadi box-office seandainya film ini nantinya menggabungkan nuansa noir yang kental dengan gaya balas dendam yang lebih modern. Tarantino dipilih (selain Coen bersaudara), karena ia sanggup menampilkan emosi dengan begitu detail jika berkaitan dengan balas dendam.

EX MACHINA
Creators: Brian K. Vaughan & Tony Harris
Published by: DC Comics/Wildstorm
Genre: Action Drama Politis
Outline: Sebuah karya peraih penghargaan Eisner Award tahun 2005 kategori Best New Series. Sebuah kisah superhero yang lain daripada biasanya. Mitchell Hundred adalah pekerja bangunan yang terjebak dalam sebuah ledakan dahsyat di terowongan Brooklyn Bridge. Dalam peristiwa itu, ia menyadari bahwa dirinya mampu berkomunikasi dengan mesin dan dilabeli julukan The Great Machine. Sebelum peristiwa 11 September 2001, Mitchell memutuskan pensiun sebagai superhero dan ingin menjadi walikota. Pertemuannya dengan ahli cryptologi dari NSA dan penyelamatannya terhadap sebuah pesawat yang hendak ditabrakkan ke WTC membuatnya kembali berniat menjadi The Great Machine, sekaligus berambisi terpilih menjadi orang nomor satu di New York.
Similarity in Film: Heroes + Absolute Power + The Rocketeer
As If Director: Len Wiseman (Underworld)
As If Cast: Tom Cruise (Mitchell Hundred), Jeremy Irons (Ivan “Kremlin” Tereshkov), Kate Beckinsale (Jackson Georges, tapi diubah menjadi sosok wanita)
Prediction: Akan sangat sulit untuk menjelma menjadi tontonan laris, jika sisi politisnya terlalu kuat. Ini salah satu dongeng superhero yang memiliki kedekatan dengan masyarakat modern sehingga poin itulah yang harus dikedepankan. Jika momentum Heroes mampu diterjemahkan ke dalam drama polirtis ini, maka Ex Machina akan berpeluang menjadi tontonan superhero terobosan baru.

ICE HAVEN
Creator: Daniel Clowes
Published by: Dark Horse Comics
Genre: Drama Misteri
Outline: Aslinya merupakan graphic novel yang dibuat dari rentetan 29 kisah pendek semacam comic strips. Kisahnya merupakan kompilasi beberapa kejadian yang terjadi di kota kecil bernama Ice Haven. Antara satu kisah dengan kisah lainnya memang tidak terdapat hubungan yang jelas, dan hanya dirangkai oleh semacam narasi puisi dari Random Wilder. Hanya saja, semua kejadian itu terkait dengan sebuah peristiwa penculikan seorang bocah bernama Davin Goldberg. Peristiwa itulah yang membuat semua kisah mengerucut sehingga memunculkan sosok pendatang yang mengunjungi neneknya, seorang komikus, dan detektif swasta.
Similarity in Film: Twin Peaks + Without a Trace
As If Director: Christopher Nolan (Memento)
As If Cast: Kyle MacLachlan (Random Wilder), Naomi Watts (Vida), Paul Giamatti (Harry Naybors, komikus), Samuel L. Jackson (Detektif swasta Mr. Ames)
Prediction: Misteri, merupakan satu aksen yang harus diangkat menjadi aroma kisah ini jika diangkat ke layar bioskop. Kendati memiliki banyak sub-plot, tetapi divergensinya di akhir bab akan berpotensi membuat film ini menyaingi kecerdasan film Crash atau Babel. Butuh seorang jenius untuk menggarap kisah ini agar menjadi twist dan tidak membosankan. Rasanya nama Christopher Nolan layak diperhitungkan sebagai sutradara agar tidak terlalu kelam. Jika David Lynch yang menanganinya, maka Ice Haven bisa menjadi tontonan yang memusingkan dan serba-gelap.

JACK OF FABLES
Creators: Bill Willingham & Matthew Sturges
Published by: Vertigo Comics
Genre: Action Thriller
Outline: Spin-off dari cerita komik Fables keluaran DC Comics. Mengangkat petualangan Jack Horner setelah terusir dari Fabletown. Ia meraup kesuksesan sebagai bintang papan atas di Hollywood. Akibatnya, Jack diculik dan ditawan beserta beberapa orang lainnya. Upayanya untuk kabur dan pelariannya yang dipenuhi kejadian menegangkan merupakan alur yang terus diselipkan dalam setiap petualangan Jack Horner. Majalah Time meletakkan karya ini berada di peringkat kelima sebagai Top Graphic Novels tahun 2007.
Similarity in Film: The Fugitive + Mission: Impossible
As If Director:J.J. Abrams (Lost)
As If Cast: Keanu Reeves (Jack Horner)
Prediction: Nama J.J. Abrams harus ditempatkan di sini jika ingin film ini punya pace yang pas sebagai tontonan action-thriller. Siapa yang memburu dan diburu menjadi core cerita keseluruhan. Kisah ini akan bergerak cepat jika ditangani oleh orang yang tepat. Nama Keanu Reeves rasanya juga pantas berperan sebagai orang yang diburu dan selalu lolos sebagai survival.

JAR OF FOOLS
Creator: Jason Lutes
Published by: Drawn and Quarterly
Genre: Drama Fantasi
Outline: Sebuah comic strip yang kemudian dikembangkan menjadi graphic novels. Berkisah tentang seorang pesulap bernama Ernie Weiss yang terpukul akibat kematian adiknya dan bersikap menjauh dari sekitar. Bayang-bayang tersebut membuatnya menjadi seorang pesulap, sekaligus pemabuk, dan harus kehilangan kekasih yang dicintainya. Perjalanan kelamnya tersebut berubah setelah ia berkenalan dengan pesulap lain, Flosso the Magnificent. Ia berjuang mengembalikan kepercayaan dirinya, kariernya, dan kehidupannya.
Similarity in Film: The Prestige + The Illusionist
As If Director: Tim Burton (Sweeney Todd)
As If Cast: Hugh Jackman (Ernie Weiss), Jessica Biel (Esther O’Dea), Anthony Hopkins (Flosso)
Prediction: Ingatkah Anda pada dua film dengan gaya yang sama, The Prestige dan The Illusionist. Tahun 2006 lalu? Inilah kisah yang menggabungkan keduanya dan memasukkan unsur-unsur otentik khas magician dalam film. Nama Jackman bermain dalam The Prestige, sementara Biel tampil misterius dalam The Illusionist. Gabungan keduanya harus ditangani oleh sutradara yang sangat nyentrik, Tim Burton, demi sebuah kisah kelam dan penuh teka-teki.

LOST GIRLS
Creator: Alan Moore & Melinda Gebbie
Published by: Top Shelf Productions
Genre: Drama Erotis
Outline: Salah satu dari sedikit graphic novels yang digarap murni dengan balutan erotisme. Bersetting pada masa-masa menjelang Perang Dunia I, tiga tokoh dari tiga masa berbeda, Alice Fairchild (dahulu dikenal sebagai Alice dalam Alice in Wonderland), Wendy Potter (wanita yang dahulu dikenal sebagai Wendy Darling dalam Peter Pan dan kini berusia 30-an), dan Dorothy Gale (gadis berusia 20-an yang dahulu dikenal sebagai tokoh dalam The Wizard of Oz), bertemu di hotel di puncak bukit di Austria dan berbagi pengalaman mereka mengenai seks. Ketiga sosok yang kita kenal sangat polos tersebut ternyata memiliki kisah erotis tentang pengalaman seks mereka yang luar biasa ketika menginjak masa remaja menuju dewasa.
Similarity in Film: Alice in Wonderland + Peter Pan + The Wizard of Oz + film-film Zalman King
As If Director: Adrian Lyne (9½ Weeks)
As If Cast: Hayden Panettiere (Alice), Megan Fox (Wendy), Amanda Bynes (Dorothy)
Prediction: Sejak dibuat graphic novel-nya, Lost Girls sudah mengundang kontroversi. Film ini harus menghadirkan bintang-bintang yang fresh dan muda. Siapa sih yang tidak mau menatap tiga nama di atas tampil seksi penuh keterbukaan? Pembuatan kisah erotis yang halus perlu digarap oleh sutradara yang piawai dalam kelasnya, Adrian Lyne. Tidak boleh dibuat seliar Basic Instinct atau malah sekasar Showgirls. Akan semakin menarik jika nantinya film ini digiring menjadi sebuah kisah suspense yangbaru terkuak di akhir kisah.

LOVELESS
Creators: Brian Azzarello & Marcelo Frusin
Published by: Vertigo Comics
Genre: Western
Outline: Bersetting Perang Sipil di AS. Wes Cutter adalah pejuang yang membela wilayah Selatan dan tertangkap. Saat dibebaskan dari penjara, pasukan Utara sudah memenangkan perang. Ketika ia terpilih menjadi sheriff, banyak penduduk kota yang menyangsikan. Perjuangannya untuk menjadi penegak hukum di kota itu mendapat teror dari banyak kalangan. Dilemanya untuk berpihak kepada sistem yang ada atau nuraninya juga ikut membuat kehidupan Wes dan keluarganya nyaris berantakan.
Similarity in Film: High Noon + Dances With Wolves + Unforgiven
As If Director: Robert Rodriguez (Planet Terror)
As If Cast: Christian Bale (Wes Cutter), Rose McGowan (Ruth Cutter)
Prediction: Rodriguez yang tengah gandrung dengan McGowan, pasti mengajaknya tampil dalam film ini jika memang benar diangkat ke layar lebar kelak. Kisahnya yang panjang dan cukup berat harus dikemas secara unik oleh sang sutradara. Jika menjelma menjadi sebuah film, Loveless bisa menjadi sebuah kisah western bertema action laris pertama di bawah Dances With Wolves yang bergenre drama.

[Artikel ini dimuat di majalah Movie Monthly edisi 69]

Advertisements

One thought on “CREATE THESE! GRAPHIC NOVELS part 1”

  1. Bang, lupa nambahin 1 lagi tuh, Y the last Man katanya lagi sedang diusahain, Vertigo lho komiknya, gak maen2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s